modal usaha bunga papan

Modal Usaha Bunga Papan dan Tips Suksesnya

Bagi kamu yang akan menjalankan usaha bunga papan maka perlu menyiapkan sejumlah modal. Ada beberapa modal usaha bunga papan yang perlu disiapkan agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Pilihan pada usaha ini karena dinilai cocok untuk bisnis jangka panjang dan resikonya tergolong kecil. Selain itu, bisnis juga cukup menjanjikan dan bisa dikembangkan lagi jika kamu mau lebih serius. 

Karena itu, kamu perlu mencari tahu secara detail apa saja kebutuhan atau alat untuk menjalankan usaha ini. Setelah itu, tinggal cari tahu saja bagaimana tips menjalankan usahanya akan bisa memenuhi permintaan konsumen. 

Peluang Bisnis Bunga Papan

Usaha bunga papan termasuk dalam bisnis yang bergerak di bidang jasa. Untuk itu, pebisnis perlu merangkai bunganya dengan rapi, menarik dan harganya cukup terjangkau. 

Menariknya, usaha ini bisa dijalankan oleh siapa saja termasuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Umumnya, usaha ini kerap dipilih ketika ada orang yang ulang tahun, wisuda dan berbagai momen penting lainnya. 

Karena itu, usaha ini tergolong bisnis yang potensinya sangat besar untuk meraup keuntungan. Sebab di zaman modern ini, banyak sekali yang membutuhkan riasan bunga seperti itu, terlebih lagi kalangan anak muda. 

Daftar Modal Usaha Bunga Papan

Secara umum, bisnis ini terbagi menjadi dua modal yakni biaya untuk membeli papan dan bunga, selengkapnya bisa melihat daftar berikut:

Papan

Biaya papan untuk usaha ini meliputi beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

 

Alat dan bahanHarga 
Kayu 1×2 meter (7 batang) @Rp. 50.000Rp. 350.000
Busa 3 lembar @ Rp. 150.000Rp. 450.000
Kain baldu 4 meter @ 50.000Rp. 200.000
Lem kambingRp.   50.000
Karet gulungRp.   50.000
Paku payungRp.   50.000
Jumlah Rp. 1.150.000

 

Bunga dan Pernak-Perniknya

Selain papan, ada juga biaya untuk pernak-pernik dan bunga, berikut rinciannya:

 

Alat atau bahanHarga 
Bunga satin 5.000 kuntum @ 500 Rp. 2.500.000
Jarum pentul 4.000 bijiRp.    150.000
Renda 1 gulungRp.      50.000
Jumlah Rp. 2.700.000

 

Modal Bulanan

Untuk menjalan usaha ini, kamu juga harus mengeluarkan modal bulanan dan berikut daftarnya:

 

Rincian modalBiaya 
Gaji karyawan Rp. 5.000.000
Listrik dan airRp. 1.700.000
Biaya kebersihan, pemeliharaan, dllRp. 3.000.000
Biaya internet dan teleponRp.    700.000
Total Rp. 10. 400.000

 

Tips Sukses Bisnis Bunga Papan

Untuk bisa sukses di usaha ini, ada beberapa tips yang bisa kamu jalankan, diantaranya:

Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis sangat berpengaruh ke perkembangan usaha bunga papan ini. Maka dari itu, kamu bisa mencari tempat yang mudah di akses agar lebih banyak dikenal banyak orang. 

Pelayanan Ramah, Cepat dan Baik

Selain lokasi, kamu harus bersikap ramah kepada pelanggan. Selain itu, usaha ini juga harus mengutamakan pelayanan yang cepat dan baik. Misalnya, ketika bunga papan habis maka sampaikan penolakan secara ramah dan santun. 

Kualitas

Sebagai pebisnis yang pemula, kamu perlu mengutamakan kualitas. Misalnya tulisan ucapaan harus rapi dan jelas, bunganya perlu disusun dengan kreatif dan terlihat menarik. 

Jadi modal usaha bunga papan membutuhkan dana hingga Rp. 14 jutaan. Dari modal tersebut, kamu juga harus mengeluarkan biaya bulanan. Karena biayanya besar, kamu harus memilih lokasi yang strategis, mengutamakan pelayanan dan kualitasnya terbaik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *